"Loading..."

Mahasiswa UNM Lolos Program Magang 2021 di Perum Perhutani

REPUBLIKA.CO.ID (14/09/2021) | Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) merupakan program terobosan link dan match antara dunia pendidikan dan dunia industri. Program ini digagas oleh Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemendikbud. Kegiatan magang bersertifikat ini, telah diinisiasi dan dijalankan FHCI sebelum program MBKM diluncurkan.

Perum Perhutani menggelar pembukaan kegiatan PMMB Batch II tahun 2021, dan dihadiri Didiet Hidayat selaku SDM Perhutani, pada Selasa (7/9) silam. Ia menjelaskan dasar pelaksanaan dari PMMB, dan menyampaikan bahwa Perhutani, turut serta dalam mempersiapkan dan menciptakan SDM Indonesia yang unggul serta siap menghadapi persaingan global.

“PMMB FHCI sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 dan dilaksanakan sebanyak dua kali (batch) per tahun. Ada 354 Perguruan Tinggi yang telah bekerja sama dengan FHCI dalam PMMB dan 124 BUMN yang telah berkontribusi dalam PMMB. Jadi total mahasiswa yang mengikuti PMMB sejak tahun 2018 sampai dengan batch II 2021 ada 20.718 mahasiswa. Sedangkan yang dluncurkan pada PMMB Batch II 2021, sebanyak 1.587 mahasiswa,” paparnya saat pembukaan kegiatan PMMB Batch II, Selasa (7/9).

Ia menyebutkan berdasarkan kebutuhan dan jalinan kerja sama PMMB Perum Perhutani dari tahun 2018 sampai dengan 2021, total peserta sebanyak 111 mahasiswa yang telah mengikuti PMMB ini.

“Dari pengumuman hasil match up pada PMMB Batch II tahun 2021 pada tanggal 22 Agustus 2021 total peserta yang siap untuk magang ada tujuh peserta dari empat universitas, salah satunya yaitu mahasiswa dari Universitas Nusa Mandiri (UNM). Dan untuk pelaksanaan magangnya akan dimulai pada tanggal 13 september 2021 sampai dengan 24 Februari 2022,” ungkapnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Sementara itu, Muhammad Faisal selaku ketua Nusa mandiri Career Center (NCC) mengatakan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang diterima kegiatan PMMB Bacth II tahun 2021 ini yakni Baharudin Mulya.

“Baharudin Mulya merupakan mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Sistem Informasi yang sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan PMMB Bacth II di Perum Perhutani 2021. Kami sangat bersyukur dan kami ucapkan selamat pada Baharudin, semoga dapat menjalankan kegiatan PMMB ini dengan sangat baik. Juga mampu memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin,” harap Faisal dalam pesan whatsapp, Senin (13/9).

Ditemui terpisah, Baharudin menuturkan bahwa, ia sangat senang mendapatkan kesempatan magang di Perum Perhutani yang merupakan perusahaan BUMN terkemuka di Indonesia dalam mengelola sumber daya hutan secara lestari.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan juga NCC yang telah membantu memasilitasi kegiatan ini. Kesempatan ini akan saya manfaatkan sebaik mungkin, dan akan saya gali semua pengetahuan di dunia kerja sebagai bekal kelak saya memasuki dunia kerja sebenarnya,” tandasnya.

Sumber : republika.co.id

Tanggal : 14 September 2021