"Loading..."

Perhutani Bahas Isu Strategis Pemberdayaan Masyarakat Dengan Wakil Bupati Banyuwangi

BANYUWANGI BARAT, PERHUTANI (26/8/2021) ǀ  Perhutani Banyuwangi Barat menerima kunjungan Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah dalam rangka silaturahmi dan membicarakan hal-hal strategis tentang pemberdayaan masyarakat sekitar hutan yang diterima di ruang kerjanya, Rabu (25/8).

Pertemuan itu dihadiri oleh Administratur Perhutani KPH Banyuwangi Barat Dedy Siswandhi, Administratur Perhutani KPH Banyuwangi Selatan Panca Sihite dan Administratur Perhutani Banyuwangi Utara Haris Suseno.

Dedy Siswandhi dalam keterangannya mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati  Banyuwangi Sugirah atas kunjungannya di Kantor Perhutani.  Dalam kesempatan itu ia menyampaikan bahwa Perhutani selama ini sudah melaksanakan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan melalui sebuah Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH)

Menurut Dedy ada sebanyak 24 LMDH di wilayah kerjanya yang bekerjasama dengan Perhutani Banyuwangi Barat yang tersebar di 5 Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH). Dengan adanya program perhutanan sosial yang dicanangkan pemerintah, maka kami mendukung verifikasi teknis agar LMDH mendapatkan SK Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK).

Sementara itu Wakil Bupati Sugirah sudah sangat memahami apa yang dipaparkan oleh Administratur di wilayah kerja Banyuwangi Raya tersebut. Ia mengaku bahwa dirinya sebelum terpilih sebagai Wakil Bupati Banyuwangi adalah sebagai Ketua LMDH Wono Langgeng Desa Seneporejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Perhutani khususnya di Banyuwangi yang selama ini sudah banyak membantu Pemerintah Kabupaten dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa melalui pemberdayaan masyarakat sekitar hutan,” kata Sugirah.

Menurut Sugirah, masih banyak anggota LMDH yang menggantungkan ekonominya didalam kawasan hutan dengan melakukan budidaya tanaman palawija, jagung, empon-empon dan lainnya, dan semua itu diakomodir oleh Perhutani melalui LMDH setempat.

“Pemerintah Kabupaten akan mendukung upaya yang dilakukan oleh Perhutani dalam pemberdayaan masyarakat sekitar hutan sesuai kapasitasnya,” tutur Sugirah yang juga pernah duduk di DPRD Kabupaten Banyuwangi selama tiga periode. (Kom-PHT/Bwb/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2021