"Loading..."

Perhutani Bersama LMDH Bentuk Masyarakat Peduli Api di Ponorogo

MADIUN, PERHUTANI (15/6/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madiun bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wonokarso Desa Pulung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo mengadakan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan sekaligus pembentukan kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) yang diselenggarakan di Sekretariat LMDH Wonokarso, Selasa (15/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pulung, Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Pulung, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemerhati Lingkungan, dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wonokarso.

Administratur KPH Madiun melalui Asisten Perhutani (Asper) BKPH Pulung, Engkus Sumantri menyampaikan bahwa sosialisasi ini selain memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penyebab terjadinya kebakaran hutan, juga tentang upaya penanggulangannya dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) maupun dengan alat tradisional seperti gepyok.

“Pembentukan kelompok  MPA diharapakan dapat meningkatkan kepedulian, pemahaman masyarakat desa hutan dalam pencegahan terjadinya kebakaran hutan, karena peran serta semua pihak termasuk masyarakat sangat penting,” ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa masyarakat yang terlibat dalam LMDH memiliki kewajiban ikut menjaga kelestarian hutan dari kerusakan, baik yang disebabkan oleh kebakaran maupun gangguan lainnya.

Sementara itu Ketua LMDH Wonokarso sekaligus Ketua Kelompok MPA, Supriyanto menyampaikan bahwa untuk meningkatkan peran serta dalam pencegahan kebakaran hutan, masyarakat sekitar hutan perlu diberikan pemahaman karena mereka merupakan ujung tombak dalam upaya pencegahan kebakaran hutan. (Kom-PHT/Mdn/Yd)

Editor : Ywn

Copyright©2021