"Loading..."

Perhutani Bersama Polres Purworejo Lakukan Penghijauan Mangrove “Mageri Segoro”

KEDU SELATAN, PERHUTANI (13/10/2021) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan bersama Polres Purworejo melakukan penghijauan mangrove di pesisir pantai selatan, dengan tema kegiatan “Mageri Segoro” bertempat di Wisata Mangrove Demang Gedi desa Gedangan kecamatan Purwodadi kabupaten Purworejo, Selasa (12/10).

Kegiatan diikuti Jajaran kepolisian Resort Purworejo, Jajaran Perhutani KPH Kedu Selatan serta stakeholder terkait di lingkup Pemerintah Daerah Purworejo.

Administratutr (Adm) KPH Kedu Selatan, Komarudin menyampaikan bahwa Perhutani sangat mendukung kegiatan ini karena kawasan pantai wajib dilakukan penghijauan agar meminimalisir terjadinya abrasi pantai. Sebagai wujud dukungan, Perhutani telah menyumbangkan 1000 bibit mangrove karena kegiatan ini juga masuk dalam program Perhutani rehabilitasi kawasan pesisir.

“Harapannya kedepan tanaman hasil penghijauan dapat berfungsi sebagai pemecah ombak, penahan angin, pencegah abrasi pantai, serta dapat memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat sekitar pantai. Dimana dari penghijauan ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata ataupun budidaya pertanian,” papar Komarudin.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Polres Purworejo, Kompol Asep Supiyanto, menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan serentak di 16 jajaran Polres dibawah Polda Jawa Tengah yang memiliki area kerja wilayah pantai.

Mageri Segoro merupakan program Polda Jawa Tengah yang bertujuan antara lain memelihara ekologi, melindungi sistem penyangga kehidupan, menjaga kelestarian lingkungan dalam hal ini khususnya ekosistem perairan laut, serta mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi covid 19.” jelas Asep. (Kom-PHT/Kds/Rwi)

Editor : Ywn
Copyright©2021