"Loading..."

Perhutani Kembangkan Ekowisata di Kawasan Gunung Lawu

RMOLJATENG.COM (31/05/2021)  Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta kembangkan objek wisata di kawasan Gunung Lawu tepatnya di wilayah Tawangmangu dan sekitarnya, termasuk di Ngargoyoso.

Administratur KPH Perhutani Surakarta, Sugi Purwanta sebut, saat ini Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta sudah kembangkan 21 obyek wisata berbasis ekowisata.

Diantaranya berupa rumah makan, taman bermain dan sebagainya.

“Untuk pengembangan ekowisata di kawasan Gunung Lawu dengan komitmen tetap menjaga kelestarian lingkungan,” jelasnya kepada media, Senin (31/5).

Perum Perhutani KPH Surakarta, lanjut Sugi, khusus di wilayah Karanganyar ada lebih dari 5000 hektar, dan sebagian besar merupakan kawasan hutan lindung yang kini digunakan untuk ekowisata.

Selama ini kawasan wisata di Karanganyar khususnya yang dikelola Perhutani mampu memberikan kontribusi besar untuk Kabupaten Karanganyar.

“Bahkan pengembangan pariwisata di sana mampu memberikan multiplier effect bagi masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Pengembangan wisata di kawasan tersebut tetap berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan juga tidak melanggar aturan yang ditetapkan.

“Karena gunung Lawu juga menjadi pusat perhatian nasional, bahkan dunia. Karenanya jika ada sesuatu hal di kawasan tersebut bisa viral kemana-mana,” tandasnya.

Sumber : rmoljateng.com

Tanggal : 31 Mei 2021