"Loading..."

2 Kelompok Usaha Perhutanan Sosial di KPH Kedu Selatan Jalani Verifikasi

INEWS.ID (08/10/2021) | Kelompok usaha perhutanan sosial (KUPS) di wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan menjalani verfikasi. Verifikasi menyasar KUPS Rimba Sejahtera, dan KUPS Rimba Sari.

KUPS Rimba Sejahtera berasal dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rimba Sejahtera, Desa Gunung Sari, Kebumen dengan usaha ekowisata Curug Kedondong. Sedangkan KUPS Rimba Sari dari LMDH Rimba Sari, Desa Srati, Kebumen yang bergerak dalam usaha produksi gula kelapa.

Selain verifikasi, juga diserahkan bantuan program fasilitasi pengembangan usaha produktif dari Perhutani untuk KUPS kategori gold. Bantuan berupa 20 alat piranti gula merah kelapa untuk KUPS Rimba Sari, dan 50 sak semen untuk KUPS Rimba Sejahtera.

“Saya berharap dua KUPS yang diverifikasi menjadi KUPS tangguh sesuai tujuan pemerintah, bagaimana masyarakat memiliki usaha mandiri,” kata Kasi Utama Bidang Kerjasama dan Sinergi Perhutanan Sosial Perhutani Kantor Pusat, M Farhan Masykur melalui siaran pers, Jumat (8/10/2021).

Dikatakannya, sinergi Perhutani dengan berbagai pihak terkait sangat penting. Sebab tujuannya sama, yaitu bagaimana masyarakat bisa sejahtera, tetapi hutannya tetap terjaga lestari.

Dirinya berharap seluruh KUPS yang ada di KPH Kedu Selatan, dapat berkembang dari kategori blue, silver dan gold, meningkat menjadi platinum.

“Termasuk KUPS bisa membuat CV maupun koperasi sendiri. Komunikasi intensif tetap harus dibangun, sehingga program KUPS dapat terlaksana dengan baik,” katanya.

Kasi Utama PS dan Pembinaan Kemitraan Divre Jateng, Iwan Wahyu Setiawan mengatakan, dengan adanya KUPS diharapkan masyarakat desa hutan lebih fokus mengembangkan usahanya.

Harapannya ke depan KUPS juga bisa membangun relasi untuk bantuan modal maupun sarpras pendukung guna pengembangan kelompok usahanya.

“Misalkan pengajuan proposal ke program CSR BUMN yang ada di wilayah kabupaten atau mengikuti pameran-pameran, termasuk belajar ilmu digital marketing untuk mempromosikan usaha dan peningkatan KUPS,” kata Iwan Wahyu Setiawan. Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII, Lilis Dwi Kartika Wati mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya dari pemerintah pusat untuk menyejahterakan masyarakat sekitar hutan melalui program PS.

Sementara itu, tim verifikasi terdiri atas M Farhan Masykur, Iwan Wahyu Setiawan, Lilis Dwi Kartika Wati, serta didampingi Anthonie Alfrits, Wakil Administratur dan Rita Rubiantari, Kasi Bidang PSDH dan PSKPH Kedu Selatan.

Sumber : inews.id

Tanggal : 08 Oktober 2021