KEDIRI, PERHUTANI (15/07/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kediri menyerahkan dana sharing hasil produksi kayu dan non kayu kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayahnya sebesar Rp 3,5 Milyar yang diserahkan secara simbolis oleh Administratur KPH Kediri Mustopo di persemaian Sumber Celeng Pare Kediri, Rabu (15/7).

Penyerahan dana sharing tersebut diserahkan bersamaan dengan kegiatan apel siaga pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Dalkarhutla) di wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Jatirejo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pare.

Usai menyerahkan dana sharing tersebut Mustofo mengatakan “Ada sebanyak 133 LMDH yang menerima sharing produksi kayu dan non kayu tahun 2017 yang dibagi tahun ini, mereka berasal dari Kabupaten Kediri, Nganjuk, Tulungagung dan Trenggalek,” ujarnya.

Ia juga berpesan agar Ketua dan Pengurus LMDH penerima dana sharing tersebut dapat menggunakannya dengan baik yang dapat memberikan manfaat kepada LMDH dan anggota juga Desa serta masyarakat pada umumnya.

“Kepada LMDH yang mendapat dana sharing agar jangan lupa memberikan informasi kepada Perhutani KPH Kediri tentang penggunaan dana sharing tersebut. Semoga dana sharing ini bisa bermanfaat dan berdampak luas dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat desa hutan,” papar Mustopo.

Sementara itu Kasiman selaku Ketua LMDH Lancar Jaya yang menerima sharing sejumlah Rp 394 juta lebih menyampaikan terima kasih kepada Perhutani karena sudah menyerahkan sharing produksi yang sudah ditunggu-tunggu oleh LMDH. Dengan hasil sharing ini akan menambah semangat LMDH untuk membangun hutan.

“Karena kalau tanaman baik tegakan kayu bagus maka produksi besar yang berdampak besar pula sharing yang akan diterima. Dana sharing ini akan kami pergunakan sebaik-baiknya sesuai rencana penggunaan yang sudah disusun bersama perwakilan anggota,” imbuh Kasiman. (Kom-PHT/Kdr/Han)

Editor : Ywn

Copyright©2020