LAWU DS, PERHUTANI (11/03/2021) │ Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds  Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wilis Utara bersama bersama stakeholder tanam bibit pohon pucung (Pangium edule, REINW) sebanyak 500 plances di lereng Gunung Wilis wilayah Kecamatan Dagangan Madiun, Rabu (10/3).

Kegiatan penanaman tersebut diikuti oleh petugas Perhutani di wilayah BKPH Dagangan, segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Dagangan dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah Dagangan.

Asisten Perhutani BKPH Wilis Utara Puguh Yudhi Prasetyawan mengatakan bahwa penanaman tersebut bertujuan untuk sebagai upaya mitigasi bencana di wilayah BKPH Wilis Utara Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Nglengko di petak 9 yang masuk Dusun Nganggrik Desa Ngranget Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun.

Menurut Puguh, penanaman tersebut dilakukan sebagian di lahan milik Perhutani dan sebagian di lahan milik warga yang sudah kelihatan kritis. “Kami berharap kedepan setelah dilakukan reboisasi, pohon yang ditanam bisa melindungi sumber mata air sehingga pada saat musim kemarau warga masyarakat tidak kesulitan air,” tambahnya.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Dagangan AKP Bambang Murjono yang hadir bersama Komandan Koramil Kapten Infantri Suyono menyatakan, bahwa TNI/Polri sangat mengapresiasi kegiatan penanaman di lereng Gunung Wilis yang diadakan Perhutani, “Mengingat Desa Nranget merupakan salah satu desa yang berada di wilayah lereng Gunung Wilis. Harapannya semua desa yang ada di lereng Gunung Wilis Utara dilakukan penanaman pohon guna antisipasi bencana alam,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dusun Nganggrik, Pujud sangat berterima kasih kepada Perhutani BKPH Wilis Utara dan TNI/Polri yang mana sudah peduli dengan wilayah tempat tinggalnya. “Kedepan kami bersama masyarakat Nganggrik akan siap membantu program Perhutani dan ikut menjaga hutan,” ucapnya. (Kom-PHT/Lwuds/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2021