CIAMIS, PERHUTANI (29/11/2021) | Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis bersama Komunitas Peduli Lingkungan dan Gunung (PELINDUNG) melaksanakan kegiatan aksi konservasi alam dengan melakukan penanaman pohon bersama di lokasi sumber mata air dan daerah rawan Longsor, Blok E Pasir laja Desa Lumbungsari wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kawali, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ciamis, Kamis (28/11).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Administratur KPH Ciamis Sukidi beserta jajaran, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Ketua pelindung Komunitas PELINDUNG Henhen beserta anggota, Seluruh Kepala Desa wilayah Kecamatan Lumbung, komunitas pegiat dan masyarakat peduli akan kelestarian alam wilayah Gunung Sawal.

Dalam sambutannya Sukidi mengatakan bahwa Perhutani merupakan salah satu instansi pengelola hutan di Kabupaten Ciamis, Banjar dan Pangandaran diantaranya wilayah Gunung Sawal yang merupakan kawasan hutan produksi. Dalam rangka memperingati HMPI, pihaknya melakukan penanaman bersama dengan para stakeholder di lokasi tanah kosong, sumber mata air dan sempadan sungai Cimuntur.

“Menjaga kelestarian alam merupakan kewajiban bagi setiap orang, tidak memilah individu, kelompok, jabatan, status, dan yang lainnya. Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian dari mulai lingkungan yang terdekat. Melestarikan alam tidak selalu harus dengan hal yang besar, tapi mulailah dari hal yang kecil oleh diri sendiri dan melestarikan alam tidak harus menunggu sampai usia dewasa, tapi mulailah sejak dini,” ujarnya.

Sukidi menambahkan bahwa pohon yang ditanam yaitu jenis Picung, Aren dan Multy Purpose Tree Species (MPTS) guna perlindungan mata air, pencegah erosi dan penahan longsor. Ia berharap pohon yang ditanam akan mengurangi resiko bencana terutama di musim hujan yang cukup ekstrim dan membantu melestarikan keanekaragaman hayati khususnya yang ada di wilayah blok E Pasir Laja.

Sementara itu Pembina Komunitas PELINDUNG, entit Hidayat mengucapkan terima kasih kepada Perhutani KPH Ciamis atas apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan yang dilaksanakan.

“Semoga ajang ini menjadi awal berkelanjutannya sinergitas lintas sektoral dalam upaya pelestarian alam, supaya alam tetap lestari masyarakat sejahtera,” pungkasnya. (Kom-PHT/Cms/Bun)

Editor : Ywn

Copyright©2021