BANYUMAS BARAT, PERHUTANI (01/12/2025) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Barat melaksanakan Audit Surveillance ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu yang dilakukan oleh PT Mutuagung Lestari Tbk. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat kantor KPH Banyumas Barat dan dihadiri oleh seluruh jajaran pejabat terkait serta person in charge (PIC) unit kerja pada (01/12).
Wakil Administratur/Kepala Sub Kesatuan Pemangkuan Hutan (KSKPH) Banyumas Barat Ari Kurniawan, mewakili Administratur/KKPH Banyumas Barat Yohanes Eka Cahyadi, membuka kegiatan audit secara resmi. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa audit ini merupakan bagian dari komitmen Perhutani dalam menjaga kualitas layanan dan proses manajemen agar tetap sesuai dengan standar internasional yang berlaku.
“ Kami menyambut baik pelaksanaan audit ini sebagai upaya peningkatan kinerja organisasi secara berkelanjutan. Audit bukan hanya evaluasi, tetapi juga pembelajaran untuk memperbaiki proses, meningkatkan pelayanan, dan menciptakan budaya kerja yang lebih profesional,” ujar Ari Kurniawan.
Dari pihak auditor PT Mutuagung Lestari Tbk hadir Rakhma Indah Kurniasih dan Nurul Wigati Febriana, yang bertugas melakukan audit terhadap seluruh aspek pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu di KPH Banyumas Barat. Keduanya mengapresiasi kesiapan serta dukungan manajemen Perhutani selama proses audit berlangsung.
“Kami melihat komitmen dari Perhutani Banyumas Barat dalam menjaga mutu dan kesesuaian terhadap standar ISO 9001:2015 sudah sangat baik. Harapannya audit ini menjadi sarana perbaikan terus-menerus dan menjaga kepercayaan stakeholder,” ujar Rakhma.
Audit ini meliputi berbagai aspek, mulai dari proses administrasi, pelayanan, pengelolaan sumber daya manusia, pemanfaatan hutan, hingga dokumentasi dan kontrol mutu. Seluruh jajaran yang terlibat memberikan data dan penjelasan sesuai dengan standar dan prosedur yang telah ditetapkan.
Melalui pelaksanaan audit ini, Perhutani KPH Banyumas Barat menegaskan komitmennya dalam menerapkan prinsip manajemen mutu untuk mendukung keberlangsungan operasional serta meningkatkan kepercayaan mitra dan pemangku kepentingan terhadap kinerja institusi. (Kom-PHT/Byb/Twn)
Editor: Tri
Copyright © 2025