"Loading..."

Desa Wisata Lembah Rembulan Tegal Tawarkan Wisata Air dan Spot Foto, Tiket Masuk Cuma Rp 5 Ribu

TRIBUNNEWS.COM (09/01/2022) | Jika ingin berwisata ke Kabupaten Tegal, saat ini banyak pilihan destinasi baru yang tidak kalah menarik dengan wisata lainnya yang sudah banyak dikenal.

Dari sekian banyak pilihan dan potensi desa wisata yang ada, satu yang bisa menjadi rekomendasi yaitu Wisata Lembah Rembulan.

Dibuka sejak awal tahun 2020 lalu, Wisata Lembah Rembulan, Dukuh Sinusa, Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, berada di atas lahan milik Desa kurang lebih seluas 3 hektar ditambah lahan yang bekerja sama dengan perhutani sekitar 6 hektar.

Ditemui di lokasi, Kepala Desa Rembul Ibnu Efendi mengatakan, fasilitas yang disuguhkan di antaranya ada area spot foto, kolam renang, villa, dan area untuk camping.

Fasilitas lain sebagai pelengkap terdapat cafe and resto, pengunjung juga bisa menikmati hidangan dengan berkaroke.

Bagi yang ingin melaksnaakan ibadah salat juga terdapat musala, selain itu tempat duduk untuk bersantai menikmati area wisata juga tersedia, dan tentunya bilik toilet.

Selain itu di beberapa titik juga terdapat kolam ikan yang menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung.

“Harga tiket masuk sangat terjangkau yaitu Rp 5 ribu per orang dan itu sudah bisa menikmati semua spot foto yang ada. Sementara untuk biaya parkir sepeda motor Rp 2 ribu dan mobil Rp 5 ribu,” ujar Ibnu Efendi, pada Tribunjateng.com, Minggu (9/1/2022).

Pengunjung selain didominasi warga Kabupaten Tegal dan sekitarnya, juga banyak dari daerah lain seperti Pekalongan, Cirebon, Bandung, Jakarta, Purwokerto, dan lain-lain.

Jumlah pengunjung sendiri paling ramai saat hari libur (weekend) Jumat-Minggu rata-rata 500-1.000 pengunjung.

Sedangkan jika hari biasa (weekday) Senin-Kamis rata-rata dibawah 500 pengunjung, atau tetap ada yang datang berwisata.

“Untuk harga sewa villa per malam tipe isi enam orang Rp 450 ribu per malam, kami juga ada yang harga Rp 400 ribu per malam. Sedangkan jumlah Villa ada 10 dan yang tipe kamar ada 5 ruang,” terangnya.

Ditanya mengenai progres kedepan, Ibnu menyebut, pihaknya berencana menghadirkan spot wisata baru yaitu flying fox dan sepeda ontel gantung yang menggunakan rel.

Targetnya sendiri jika tidak ada halangan dan lancar, maka tahun 2022 ini sudah bisa tersedia.

Bisa untuk camping dan tersedia penyewaan tenda plus perlengkapan:

Bagi pengunjung yang ingin camping atau berkemah di area Lembah Rembulan juga disediakan lahan khusus.

Selain itu, pengunjung juga diberikan pilihan apakah ingin membawa tenda plus peralatan sendiri atau menyewa, karena pengelola Lembah Rembulan juga menyewakan tenda beserta perlengkapannya.

“Sewa tenda untuk kapasitas enam orang harga Rp 80 ribu per malam sudah termasuk matras dan perlengkapan lainnya. Sedangkan sewa tenda untuk kapasitas empat orang Rp 60 ribu sudah termasuk peralatan,” tandasnya.

Akses menuju Desa Wisata Lembah Rembulan:

Jalur menuju Desa Wisata Lembah Rembulan memang lumayan rumit terutama bagi yang baru pertama kali berkunjung.

Namun untuk mempermudah, akses menuju Lembah Rembulan satu jalur arah menuju DTW Guci.

Jaraknya sendiri sekitar 10 menit dari arah Guci.

Untuk plang atau papan petunjuk jalan (arah) memang masih cukup minim, sehingga untuk mempermudah bisa menggunakan aplikasi Google maps dengan menuliskan kata kunci Desa Wisata Lembah Rembulan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. (*)

Sumber : tribunnews.com

Tanggal : 09 Januari 2022