BANYUWANGI SELATAN, PERHUTANI (20/7/2022) | Administratur Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Selatan Panca Putra Sihite mengunjungi Mapolresta Banyuwangi dalam rangka koordinasi dan menjalin komunikasi, pada Selasa (19/7).

Adminitratur Perhutani Banyuwangi Selatan, Panca Putra Sihite menyampaikan, bahwa koordinasi ini untuk meningkatkan sinergitas dengan kepolisian terkait dengan pengamanan dan kelestarian hutan di wilayah kerja Perhutani Banyuwangi Selatan.

Menurutnya hal itu untuk menyikapi adanya kebijakan terkait pengelolaan hutan dari pemerintah yang dimungkinkan adanya potensi terhadap gangguan keamanan hutan (Gukamhut).

Kami berharap dukungan kepolisian dan pihak terkait untuk turut mengkodusifkan sosial masyarakat dengan pola pendekatan melalui komunikasi sosial serta penguatan daya tangkal pada masyarakat terhadap adanya provokasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat menimbulkan konflik sosial pada masyarakat, terang Panca.

Sementara itu Wakapolresta Banyuwangi AKBP Didik Hariyanto yang menerima kunjungan tersebut, menyampaikan bahwa koordinasi dalam rangka pengamanan hutan saat ini masih solid dan tetap berkelanjutan hingga ditingkat kepolisian sektor (Polsek).

Kami siap membantu mencipkatan kondusifitas masyarakat dan turut menjaga keamanan hutan, karena hal ini sudah merupakan tugas kepolisian sebagai Kamtibmas dan kami menyarankan upaya pendekatan tetap diutamakan serta melakukan penindakan pelaku perusakan hutan untuk diproses secara hukum untuk memberikan efek jera pada pelaku dan untuk pembelajaran pada yang lain.

Selain itu kenali dan pahami karateristik masyarakat yang ada dilapangan, karena salah satu cara jitu dalam upaya pengendalian kondusifitas masyarakat, dengan begitu kita dapat mengukur potensi dan gambaran yang ada disuatu wilayah serta langkah apa yang harus dilakukan, tandasnya. (Kom-PHT/Bws/Dik).

 

Editor : Uan

Copyright © 2022