SURABAYA, PERHUTANI (03/07/2025) | Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur (Divre Jatim) menjalin kerja sama strategis dengan PT. Asuransi Bhakti Bhayangkara melalui penandatanganan kontrak polis tentang Pengelolaan Layanan Asuransi Wisata. Acara penandatanganan ini berlangsung di Kantor Perhutani Divisi Regional Jatim di Surabaya, Kamis (3/7).

Penandatanganan kontrak polis dilakukan oleh Kepala Perum Perhutani Divre Jatim, Wawan Triwibowo, dan Direktur Pemasaran Umum PT Asuransi Bhakti Bhayangkara, Heru Wibowo, dan disaksikan oleh jajaran manajemen dari kedua belah pihak.

Kontrak polis ini bertujuan untuk memberikan perlindungan asuransi kecelakaan diri kepada para pengunjung di 25 lokasi kawasan wisata yang dikelola Perhutani yang berada di 7 Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) yang telah menjalin kerja sama dengan PT. Asuransi Bhakti Bhayangkara.

Langkah ini merupakan wujud nyata upaya Perhutani dalam meningkatkan rasa aman dan kenyamanan bagi para wisatawan. Selain itu, hal ini juga mencerminkan komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan yang mengutamakan keselamatan pengunjung

Dan pengunjung dinyatakan sebagai peserta asuransi apabila memiliki bukti pembelian resmi karcis tanda masuk (KTM) di lokasi wisata yang telah bekerja sama. KTM tersebut dapat berupa tiket perorangan maupun tiket rombongan. Dan masa perlindungan asuransi itu hanya berlaku selama pengunjung berada di kawasan wisata tersebut.

Kepala Perum Perhutani Divre Jatim, Wawan Triwibowo dalam sambutannya menyampaikan, Ini jadi peluang bagus buat kami untuk bisa menjalin kerja sama dengan siapa saja yang memberi penawaran terbaik ke Perhutani, tentu dengan prinsip saling menguntungkan.

Jangan sampai saat diprospek kami disambut seperti raja, tapi pas kami klaim malah kesannya diabaikan. Kami harap itu nggak terjadi. Kalau suatu saat ada klaim, kami ingin tetap dilayani dengan baik, sebagaimana saat kami diajak kerja sama, tegas Wawan.

Kami percaya PT Asuransi Bhakti Bhayangkara punya cukup pengalaman untuk membuat klien merasa nyaman dan puas. “Melalui kerja sama ini, kami ingin memastikan bahwa setiap wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Perhutani mendapatkan perlindungan yang layak. Hal ini juga bagian dari upaya kami dalam meningkatkan standar pelayanan dan manajemen risiko di sektor wisata alam.” Tandasnya.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Umum PT. Asuransi Bhakti Bhayangkara Heru Wibowo menyambut baik kerja sama ini dan menegaskan komitmennya untuk memberikan layanan terbaik dalam pengelolaan asuransi, termasuk dukungan tanggap darurat bila terjadi insiden di lapangan.

“Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi kami dan bagi kita semua untuk membangun sinergi dengan Divre Jatim,” kata Heru.

Dirinya menekankan bahwa asuransi sejatinya adalah bisnis kepercayaan. “Terus terang saja, orang asuransi itu termasuk orang-orang tercanggih. Mereka hanya menjual beberapa lembar kertas, tapi nilainya bisa ratusan juta. Maka, saat diminta untuk bertanggung jawab atas risiko, harusnya juga cepat merespon,” ujarnya.

Menurutnya, kredibilitas asuransi ditentukan oleh seberapa cepat dan baik mereka merespon klaim dari para nasabah. “Nilai dari sebuah layanan asuransi ada pada kecepatannya dalam merespon, melayani, dan menyelesaikan klaim,” tambahnya.

Sebagai penutup, Heru menyampaikan harapan agar kerja sama ini tak hanya terbatas pada sektor wisata saja, namun juga dapat berkembang ke sektor lainnya. “Kami ucapkan terima kasih, mudah-mudahan kerja sama ini menjadi pintu awal sinergi yang lebih luas lagi ke depannya,” pungkas Heru. (Kom-PHT/Divre Jatim/Dje)

Editor : LRA

Copyright©2025