"Loading..."

Kangen Kawah Putih? Ini Cara Lepas Rindunya

DETIK.COM (12/09/2021) | Siapa yang kangen bertamasya ke Kawah Putih atau justru belum pernah ke sana? Nah, kamu bisa liburan virtual nih.

Untuk menuju ke kawah, dipastikan harus menggunakan kendaraan roda empat pribadi atau ontang-anting yang sudah disediakan pengelola Kawah Putih.

Di perjalanan, akan disuguhi pemandangan hutan kayu dan beragam jenis pohon yang dikelola oleh Perhutani. Untuk menuju ke kawah, tidak disarankan menggunakan kendaraan roda dua, karena dikhawatirkan diterkam oleh hewan liar di dalam hutan.

Sesampainya di atas, udara dingin terasa sangat menyengat kulit. Kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha itu memberikan pesona alam yang indah. Pasir dan tanah yang berwarna putih memberi kesan sejuk dan bersih.

Kemudian, air yang tertampung akan selalu berubah warna tergantung kandungan belerang dan suhu di sana. Penasaran dengan kondisinya saat ini, detikcom memperoleh tampilan panorama 360 yang bisa mengobati rasa penasaran traveler untuk berwisata ke sana. Selain itu juga, membantu traveler yang sudah lama berdiam di rumah saat PPKM.

Kawah Putih Kembali Dibuka

Setelah lama ditutup, Kawah Putih rencananya akan diujicoba untuk dibuka bersamaan dengan 19 destinasi lainnya di Pulau Jawa. Dalam percobaan kali ini, yang membedakan adalah adanya penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi ini membantu screening atau pendeteksi status dari para wisatawan. Nantinya, pengelola dapat tahu status wisatawan dari aplikasi tersebut.

Ada empat warna yang terprogram, kuning dan hijau adalah wisatawan yang sudah disuntik vaksin. Merah adalah mereka yang belum disuntik vaksin sedangkan hitam adalah mereka yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Baik pengelola maupun pemerintah daerah tidak lupa mengingatkan agar wisatawan tidak terlalu euforia berlebihan dengan dibukanya tempat wisata Kawah Putih. Kemudian, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Sumber : detik.com

Tanggal : 12 September 2021