"Loading..."

Perhutani Bersama Bank Mandiri Adakan Pelatihan Kepada KUPS Di Majalengka

MAJALENGKA, PERHUTANI (16/9/2021) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Majalengka bersama Bank Mandiri dan PT Prima Kelola IPB melakukan pelatihan budidaya dan pengolahan komoditas mangga kepada Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) yang dilaksanakan di Pasar Wisata Desa Sidamukti mulai tanggal 15 – 17 September 2021, Rabu (15/09).

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan Perhutani KPH Majalengka, Bank Mandiri bekerjasama dengan PT Prima Kelola IPB, petani yang tergabung dalam KUPS, perwakilan Aparat Desa Sidamukti dan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM).

Administratur KPH Majalengka, Andi Mulya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bank Mandiri dan PT. Prima Kelola IPB yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan kepada KUPS.

“Kami berharap mangga gedong gincu yang dikembangkan di kawasan hutan dapat menjadi iconic Kabupaten Majalengka, disamping itu dengan adanya bantuan dari Bank Mandiri berupa alat Produksi pengolahan mangga gedong gincu dapat lebih meningkatkan nilai perekonomian masyarakat desa sekitar hutan,” ujarnya.

Senior Vice Presiden Governent Project 3 Bank Mandiri, Sugiharto menyampaikan bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk menyelaraskan program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat serta memastikan pengolahan produk yang dihasilkan oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dapat meningkatkan kesejahteraan.

“Kami akan melakukan evaluasi secara intensif pada LMDH bahwa bantuan yang diberikan bisa bermanfaat dan tepat sasaran untuk menunjang pengolahan budidaya tanaman mangga gedong gincu. Kami selaku Himbara (Himpunan Bank Negara) mendampingi LMDH agar berkembang dengan bantuan yang diberikan berupa alat produksi pengolahan Vakum Praying, Blender, Mixer dan rencana program KUR (Kredit usaha Rakyat),” jelasnya.

Ketua LMDH Mekar Jaya, Eye Salya menyampaikan terimakasih atas kegiatan pelatihan budidaya dan pengolahan komoditas mangga di wilayah LMDH Mekar Jaya, karena Hutan Pangkuan Desa (HPD) di wilayahnya begitu banyak potensi yang dapat dikembangkan berupa buah-buahan dan tanaman palawija.

“HPD kami memiliki beragam potensi tanaman kehutanan serta komoditi pertanian diantaranya jagung, mangga gedong gincu, mangga cengkir, mangga harum manis, serta rempah-rempah. Kami berharap Perhutani dan Bank Mandiri dapat membantu mengembangkan komoditas lainnya sehingga petani hutan bisa sejahtera,” pungkasnya. (Kom-PHT/Mjl/ RYK)

Editor : Ywn
Copyright©2021