"Loading..."

Perhutani Gelar Penanaman Bersama Dengan Stakeholder di Tuban

TUBAN, PERHUTANI (15/11/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban menggelar gerakan tanam bersama dengan pemangku kepentingan dalam rangka menghijaukan kembali hutan untuk ketahanan alam di petak 25 L dan 25g wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kepodang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sundulan, Sabtu (13 /11).

Dalam kegiatan tersebut ditanam beberapa jenis pohon, antara lain jenis kayu putih sebanyak 5.000 plances , bambu 40 plances serta benih generatif jenis kepuh dan sengon buto sebanyak 5 kilogram dan flamboyan sebanyak 2 kilogram.

Administratur Perhutani KPH Tuban Miswanto mengatakan, bahwa penanaman tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir di masa mendatang. Menurutnya kegiatan gerakan tanam bersama ini dilakukan pada semua titik lahan kritis yang ada di wilayah kerjanya.

Kegiatan untuk penanaman hutan sendiri ini dilakukan pada lahan yang menjadi melimpahan air, maka tanami pohon kayu putih agar dapat memperkuat ketahanan alam di sekitarnya. di sepanjang tanggul,” kata Miswanto menjelaskan.

Miswanto menambahkan, bahwa penanaman pohon tersebut juga menjadi salah satu rangkaian kegiatan tanam yang sebelumnya telah dilakukan di 2 BKPH, yaitu BKPH Merakurak dan Jadi.

Sementara itu, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Urip, Kasmudar menjelaskan bahwa di tempat-tempat tersebut sering terjadi banjir dan tanggul jebol sehingga meluap pada lahan pertaian masyarakat yang berada di sekitar kawasan tersebut yang berdampak kerugian karena gagal panen.

Oleh karena itu, kata Kasmudar, sangat mendukung dan mengapresiasi Perhutani dan yang telah mendukung penanaman dengan menanam pohon dan membantu mendukung gerakan penanaman tersebut.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Jajaran Perhutani KPH Tuban, Forkopimcam Widang Tuban, Kepala Desa Dateng, Gapoktan Budi Luhur, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Urip, LMDH Wono Makmur, Sekretaris PLMDH Jatim, Pramuka Saka Wanabakti dan organisasi pecinta alan antara lain, Amreta Universitas Terbuka, Universitas Mahipal Ronggolawe, dan Daun Lontar Universitas Sunan Bonang. (Kom-PHT/Tbn/Erz)

Editor : Ywn

Copyright©2021