"Loading..."

Perhutani Jadi Tempat Tujuan Penilaian Binsattor Kodam V Brawijaya

PARENGAN, PERHUTANI (15/9/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan menerima Kunjungan Mabes TNI Angkatan Darat di petak 12b Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Guaterus Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Mulyoagung yang merupakan lokasi penanaman tananam jenis Balsa dan Sengon, pada Selasa (14/9).

Hadir dalam acara tersebut Pembina Satuan Teritorial (Binsattor) Kodam V Brawijaya Kolonel Inf Pranito, Danrem 082 Citra Panca Yuda Jaya (CPYD) Kolonel Inf Dariyanto, Dandim Jember Letkol Inf La Ode, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon, Camat Singgahan Gaguk Hariyanto, Administratur KPH Parengan Setyo Salindra Putri, Administratur KPH Jatirogo Fajar Wicaksono dan  Administratur KPH Tuban Miswanto.

Dalam kesempatan tersebut Setyo Salindra Putri menyampaikan bahwa petak 12b RPH Guwoterus BKPH Mulyoagung ini merupakan lokasi kerjasama tanaman Balsa dan Sengon antara Perhutani KPH Parengan, LMDH Wana Lestari dan PT Aviland Riva Ranch yang dimotori oleh Kodim 0811 Tuban.

“Tanaman Balsa ini pertumbuhan sangat bagus karena tidak membutuhkan daur yang lama dan minimal 4 tahun sudah bisa di panen.  Jadi kerjasama ini sangat menguntungkan masyarakat, tidak seperti tanaman jati yang membutuhkan waktu lama untuk bisa di panen,” kata Setyo Salindra Putri.

Pihaknya berharap kerjasama ini bisa berkelanjutan, “Sementara keluasan lahan tanaman baru seluas 282 hektar, dan itu bisa bertambah luasnya supaya kedepan dapat mempercepat tutupan lahan kosong,” imbuhnya.

Camat Singgahan Gaguk Hariyanto mengatakan dengan adanya reboisasi yang dimotori oleh Dandim 0811 Tuban merupakan solusi kebutuhan akan air bagi masyarakat saat musim kemarau dan mencegah banjir saat musim hujan,

Sementara itu Pranito selaku Ketua Tim Pembinaan Satuan teritorial (Binsattor) Kodam V Brawijaya menyampaikan terima kasih kepada Perhutani yang telah bekerjasama dalam penghijauan.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata yang dilakukan, sehingga Kodim Tuban mendapat Predikat yang terbaik di Pangdam V Brawijaya,” katanya.

Dia menyebut bahwa tujuan penilaian ini untuk mengetahui karya apa yang sudah diberikan yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat, seperti reboisasi untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat dan menghijaukan hutan. (Kom-PHT/Prg/Ags)

Editor : Ywn

Copyright©2021