"Loading..."

Perhutani Mojokerto Siap Dukung Kerjasama Agroforestry Jagung Dengan PT Mahafira

MOJOKERTO, PERHUTANI (29/07/2021) | Adminstratur Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto Nur Budi Susatyo menerima kunjungan perwakilan Bank BNI Surabaya dan PT Mahafira selaku penyedia benih jagung membahas tentang kerjasama bidang agroforestry jagung, bertempat di Kantor KPH Mojokerto, Kamis (29/7).

Dalam kesempatan itu Nur Budi Susatyo mengatakan, pihaknya menyambut baik dan siap mendukung langkah awal kerja sama ini. Menurutnya rencana tersebut harus disosialisasikan terlebih dahulu kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) sehingga mekanisme pengelolaan agroforestry jagung ini bisa dipahami oleh petani penggarap. katanya.

“Saya berharap bahwa rencana kerjasama multi pihak ini dapat meningkatkan perekonomian anggota LMDH di wilayah Perhutani KPH Mojokerto,” imbuh Nur Budi.

Perwakilan dari Bank BNI Surabaya, Mutia menuturkan, bahwa pihaknya siap memberikan dukungan kepada petani penggarap berupa pinjaman modal untuk pengadaan benih dan pupuk.

“Untuk mewujudkan kesejahteraan petani tersebut, BNI siap mengucurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani kepada para petani,” ujarnya.

Sementara itu marketing officer dari PT Mahafira Marta menegaskan bahwa dalam kerjasama ini pihaknya siap menyediakan kebutuhan benih sesuai dengan varietas yang di inginkan pesanggem, termasuk penyediaan pupuk  dan insektisida.

“Kami juga akan membantu petani hutan dengan mesin pengering jika panen masuk pada musim hujan. Semua itu untuk meningkatkan nilai jual hasil panen jagung petani dan hasil panen jagung petani hutan akan dibeli oleh PT Mahafira dengan kisaran harga umum pada saat panen,” ungkap Marta.  (Kom-PHT/Mjk/Dwi)

Editor : Ywn

Copyright©2021