"Loading..."

Perhutani Paparkan Pengelolaan Hutan Kepada Bupati Situbondo

BANYUWANGI UTARA, PERHUTANI (15/10/2021) | Administratur Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Utara Haris Suseno memaparkan kegiatan pengelolaan hutan di wilayah kerjanya kepada Bupati Situbondo dalam rangka rapat yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Situbondo, Kamis (14/10).

Selain Perhutani Banyuwangi Utara, acara tersebut dihadiri juga oleh Administratur KPH Bondowoso Andi Adrian Hidayat, Administratur KPH Probolinggo Ida Jatiyana dan Sekertaris Kabupaten Situbond Syaifullah, beserta Kepala Dinas lingkungan Hidup Situbondo Kholil, Kepala Cabang BNI Situbondo Alan F Bambang, Kepala Cabang BRI Situbondo Edy Hariyadi dan pejabat lingkup Perhutani dan Pemkab Situbondo.

Haris Suseno mengatakan, tanggung jawab pengelolaan hutan sudah harus menjadi tanggung jawab bersama. Menurut dia untuk menyelaraskan program dan rencana kerja Kelompok Tani Hutan (KTH) baik itu gabungan kelompok hutan (Gapoktan), Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) maupun KTH), perlu disusun suatu organisasi yang mewadahi kelompok- kelompok tersebut.

“Dikarenakan bahwa KTH yang berada di wilayah Kabupaten Situbondo ini terdiri atas 3 KPH, yaitu KPH Banyuwangi Utara, KPH Bondowoso dan KPH  Probolinggo, maka kami berharap kepada teman-teman kelopok tani membuat kelompok yang mewadahi, khususnya yang berada di Kabupaten Situbondo,” terang Haris.

Haris menjelaskan, seperti di wilayah kerjanya kelompok-kelompok itu melalui musyawarah membentuk gabungan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Kabupaten Situndo. Terpilih sebagai Ketua yakni saudara Maddidi dari LMDH Banyuwangi Utara, Sekertaris Agus dari LMDH Bondowoso, Bendahara Arjono dari LMDH Probolinggo, yang selanjutnya oleh pengurus diatas akan dibentuk bidang-bidang usaha gabungan KUPS  se-Kabupaten Situbondo dengan Surat Keputusan (SK) dari Bupati.

Haris menambahkan, setelah SK gabungan KUPS disahkan maka akan segera dilakukan perjanjian kerjasama antara Perhutani, Bank pemberi kredit dan Pemkab Situbondo, sehingga dapat mendukung usaha dan kemajuan gabungan KUPS.

Selanjutnya Bupati Situbondo Karna Suswandi berharap kedepan sinergitas semua pihak bisa membawa ke arah kemajuan yang berarti bagi KUPS dan masyarakat Situbondo serta Pemkab Situbondo.

“Saya berharap kerjasama dan konsolidasi seperti ini bisa semakin sering dilakukan secara berkelanjutan,” pungkas Karna . (Kom-PHT/Bwu/JY)

Editor : Ywn

Copyright©2021