PEMALANG, PERHUTANI, (27/10/2025) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang bersama Pemerintah Kabupaten Pemalang cq. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Inovasi Pelayanan Pamong Purna Tugas (Mong Putu) Plus. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Lingga Hotel R-Gina Pemalang pada Sabtu (25/10).

Kerja sama ini dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan, khususnya untuk mempermudah pelayanan dokumen kependudukan bagi pegawai purna tugas. Melalui program ini, diharapkan dapat terwujud peningkatan pelayanan dokumen serta tertib administrasi kependudukan sesuai peran dan kewenangan masing-masing pihak.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Administratur KPH Pemalang yang diwakili oleh Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan Sumber Daya Hutan (SDH) dan Pengembangan Bisnis (PPB) KPH Pemalang, Direktur PDAM Tirta Mulya Pemalang, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pemalang Hendro Susilo beserta jajaran, serta tamu undangan lainnya.

Administratur KPH Pemalang yang diwakili oleh Kasi PPB, Agus Heru Yudyana, menyampaikan bahwa kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama inovasi pelayanan Mong Putu Plus merupakan bentuk sinergi antara Perhutani dan Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Disdukcapil.

“Kerja sama ini menjadi langkah konkret untuk memberikan kemudahan layanan administrasi kependudukan bagi pegawai purna tugas, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pelayanan publik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pemalang, Hendro Susilo, menjelaskan bahwa kerja sama ini juga mendukung implementasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebagai salah satu inovasi dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri dalam rangka digitalisasi dokumen kependudukan.

“IKD tidak hanya mencakup dokumen kependudukan seperti KTP-el dan Kartu Keluarga secara digital, tetapi juga terintegrasi dengan dokumen lain seperti NPWP, informasi kepemilikan kendaraan, data Badan Kepegawaian Nasional (BKN), BPJS, perbankan, hingga layanan travel. Kami memberikan apresiasi kepada Perhutani atas dukungan dan kerja samanya dalam peningkatan kualitas pelayanan publik berbasis daring ini. Semoga sinergi ini berjalan baik dan berkelanjutan,” tuturnya. (Kom-PHT/Pml /Sks)

Editor: Tri

Copyright © 2025