TASIKMALAYA, PERHUTANI (13/01/2022) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya bersama Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, Institut Pertanian Bogor (IPB) memberikan bimbingan teknis (Bimtek) digital marketing kepada para pengurus Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS), bertempat di Aula Kantor KPH Tasikmalaya Jl. Kehutanan No. 6 Kelurahan Empangsari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Rabu (12/01).

Digital marketing adalah strategi untuk mendapatkan konsumen dengan memanfaatkan berbagai perangkat (Tools) digital berbentuk fisik maupun non-fisik.

Hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Soni Trison, Dekan Sekolah Vokasi Medhanita Dewi Renanti, Kepala Seksi Pembinaan SDH & PS Rodiana Rahman, Kepala Sub Seksi Perhutanan Sosial Uu Wahyudin serta para pengurus KUPS Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) sebagai peserta.

Administratur KPH Tasikmalaya melalui Rodiana Rahman menjelaskan kegiatan tersebut dimaksudkan guna meningkatkan KUPS dan LMDH yang menjadi mitra dan binaan  Perhutani KPH Tasikmalaya.

Sebagai narasumber, Soni Trison menjelaskan kelebihan digital marketing dibanding strategi pemasaran biasa, antara lain : lebih hemat biaya, tidak perlu banyak SDM penjualan, tim pemasaran tidak perlu terjun ke lapangan, proses branding produk lebih mudah.

Sementara itu Medhanita Dewi Renanti memaparkan manfaat digital marketing bagi perusahaan atau KUPS diantanya : menghapus batasan wilayah dan waktu saat memasarkan produk, sistem penjualan produk lebih cepat dan tertarget, lebih mudah membangun hubungan dengan konsumen, kesempatan personalisasi produk sesuai karakteristik konsumen, mendapat profit banyak dalam waktu singkat.

“Diharapkan dengan kegiatan bimbingan teknis ini dapat membuka wawasan untuk memulai mempromosikan produk ke mana dan kapan saja, baik dalam skala lokal, nasional, atau internasional”. tambahnya.

Ucapan terima kasih disampaikan Ketua LMDH Galunggung Mukti, Tatang Hoeruman kepada Perhutani dan para narasumber atas kesempatan dan bimbingannya, kami siap memulai mempromosikan produk kopi yang selama ini kami usahakan, pungkasnya. (Kom-PHT/Tsm/eFul).

 

Editor : MZ

Copyright©2022