"Loading..."

Segarnya Bermain Air di Curug Kedondong Wana Wisata Perhutani di Kedu Selatan

KEDU SELATAN, PERHUTANI (17/09/2021) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan memiliki wisata air terjun Curug Kedondong yang terletak di Desa Gunung Sari Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen propinsi Jawa Tengah yang dikelola bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rimba Sejahtera.

Administratur KPH Kedu Selatan, Komarudin, Jumat (17/09) menyampaikan bahwa wana wisata Curug Kedondong yang masuk petak 157F dengan luas 1 hektar di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Karanganyar, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pagebangan tersebut, pengelolaannya melibatkan Masyarakat Desa Hutan (MDH) dengan prinsip berbagi.

“Bersama LMDH Rimba Sejahtera dan pemerintah desa Gunung Sari. Perhutani berharap dengan adanya kerjasama ini akan memberikan peluang kesempatan bekerja bagi masyarakat desa hutan yang muara akhirnya tentunya meningkatnya kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Komarudin berpesan agar dalam pengelolaan agar tetap memperhatikan kaidah-kaidah pengelolaan hutan secara lestari serta dalam pengoperasiannya mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan, misal tidak mengubah bentang alam, tidak merusak hutan.

Ketua LMDH Rimba Sejahtera, Kasmin mengajak semua pihak untuk melestarikan potensi alam, seperti halnya mata air Curug Kedondong ini, dengan tidak menebang pohon secara sembarangan, merawat pohon-pohon yang ada, serta tidak membuang sampah sembarangan agar mata air beserta kehidupan disekitarnya tetap lestari.

Sementara itu, Kepala Desa Gunung Sari, Sukarjo menghimbau kepada semua pihak terkait untuk bersama-sama turut mempromosikan keindahan alam Curug Kedondong.

“Untuk sampai ke Curug Kedondong bisa naik angkot dari Karanganyar Kebumen jurusan pasar Soma, turun di gapura Curug Kedondong. Jalanan menuju ke Curug Kedondongpun sudah berbeton, sehingga memudahkan pengunjung. Dan jika ingin mencicipi sate kambing Soma datanglah pada hari Senin dan Kamis. Untuk hari-hari lain warung disekitar Curug Kedondong menyediakan nasi oyek, es degan dan kopi. Untuk tiket masuk sangat murah hanya Rp 5000,- saja,” jelasnya (Kom-PHT/Kds/Rwi)

Editor : Ywn
Copyright©2021