"Loading..."

Sensasi Plong, Terapi Uap Kayu Putih di Alas Cafe Ngawi

TIMESINDONESI.CO.ID (23/07/2021) | Alas Kafe di Kabupaten Ngawi yang menyediakan terapi uap kayu putih. Lokasinya berada di jalan Yos Sudarso No 10 Ngawi, persis di sebelah kantor Perhutani Kabupaten Ngawi.

Rawanda Mega Madita pengelola Alas Kafe mengatakan, ide untuk membuka layanan terapi uap kayu putih bermula saat diberlakukan PPKM Darurat di Kabupaten Ngawi awal Juli 2021 kemarin.

“Saat PPKM Darurat, kafe tidak boleh buka sampai malam, kemudian orang tua saya ada ide, kenapa tidak membuka terapi uap kayu putih?, kebetulan orang tua ada rekan yang mengelola penyulingan minyak kayu putih,” kata Rawanda kepada TIMES Indonesia, Jumat (23/7/21).

Layanan terapi uap kayu putih di Alas Kafe, disebut Rawanda meliputi terapi hirup uap dan mandi uap kayu putih laiknya sauna.

Untuk terapi uap kayu putih, disebut Rawanda pengunjung hanya perlu duduk, kemudian menghirup uap dari daun kayu putih segar, minyak kayu putih murni, dan air sulingan kayu putih yang dipanaskan di ketel.

“Nanti dihirup, selama 10 hingga 15 menit. Seperti bernapas biasanya. Dihirup dan dihembuskan,” kata Rawanda.

Sementara untuk sauna, pengunjung disediakan bilik khusus untuk mandi uap. Untuk sauna, pada dasarnya sama dengan terapi hirup uap kayu putih. Namun pada bilik khusus itu dialiri uap dari alat yang telah disediakan.

“Ada sensasi menghangatkan, melegakan saluran pernapasan, dan untuk yang sauna bisa meringankan pegal-pegal juga melemaskan otot,” ujar Rawanda.

Semenjak Alas Kafe membuka layanan terapi uap kayu putih, banyak warga Ngawi yang berdatangan untuk melakukan terapi. Dalam satu hari pengunjung bisa mencapai 10 hingga 40 an orang yang ikut terapi.

Sementara untuk efektifitas terapi uap kayu putih, disebut Rawanda banyak pengunjung yang merasakan efek bagus setelah melakukan terapi. “Lebih enak, lebih enteng,” ujarnya.

Berminat terapi uap kayu putih? Datang saja ke Alas Kafe Ngawi. Terlebih terapi di Alas Kafe Kabupaten Ngawi pengunjung tidak akan dikenai ongkos alias gratis. Sementara jam operasional terapi, mulai pukul 10:00 WIB pagi hingga 21:00 WIB malam.(*)

Sumber : timesindonesia.co.id

Tanggal : 23 Juli 2021