SURAKARTA, PERHUTANI (30/06/2025) | Dalam rangka menutup tahun ajaran 2024/2025 dengan keceriaan dan pembelajaran langsung di luar kelas, TK Tunas Rimba Tangen mengadakan kegiatan rekreasi edukatif pada Jumat (27/06). Destinasi utama yang dikunjungi adalah Obyek Wisata Waduk Cengklik, Kabupaten Boyolali, yang kini makin populer sebagai destinasi keluarga dan edukasi berbasis alam.

Tak hanya menikmati pemandangan dan bermain air, anak-anak juga mendapat wawasan tentang fungsi waduk sebagai sumber irigasi dan pengendali banjir. Usai dari Cengklik, rombongan singgah sejenak di area Bandara Adi Soemarmo Solo untuk memperkenalkan moda transportasi udara kepada anak-anak, sebelum mengakhiri perjalanan di pusat perbelanjaan PGS (Pusat Grosir Solo).

Administratur KPH Surakarta melalui Kepala BKPH Tangen, Mastur menyampaikan apresiasinya terhadap program rekreasi ini. “Kegiatan seperti ini tidak hanya menyenangkan, tapi juga membangun kelekatan anak-anak dengan lingkungan luar. Waduk Cengklik sangat relevan untuk pengenalan fungsi alam, dan singgah ke bandara memberikan pengalaman baru tentang dunia transportasi,” ujar Mastur.

Ia juga menambahkan bahwa Perhutani mendukung penuh program pembelajaran berbasis pengalaman nyata seperti ini untuk anak usia dini.

Kepala TK Tunas Rimba Tangen, Siti Hartini, menegaskan pentingnya rekreasi edukatif sebagai bagian dari proses pembelajaran holistik di jenjang PAUD. “Kami ingin anak-anak belajar tak hanya dari buku, tetapi juga dari alam dan lingkungan sosialnya. Di Waduk Cengklik mereka belajar tentang air, di bandara mereka melihat dunia yang lebih luas, dan di PGS mereka belajar mengenali interaksi sosial di ruang publik,” ungkap Hartini.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada orang tua murid dan Perhutani yang telah mendukung kegiatan ini dari awal hingga selesai.

Rekreasi ini menjadi momen berharga dalam memperkuat kedekatan antara guru, siswa, dan orang tua. Dengan semangat kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran kontekstual dan berpusat pada anak, kegiatan semacam ini diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar sekaligus membentuk karakter anak yang lebih adaptif, mandiri, dan peduli lingkungan sejak dini. (Kom-PHT/Ska/Mar)

Editor: Tri

Copyright © 2025