"Loading..."

Perhutani Bersama Impala Universitas Brawijaya Gelar Aksi Penanaman di Tuban

TUBAN, PERHUTANI (22/11/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban bersama Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (Impala) Universitas Brawijaya (UB) Malang menggelar Aksi Hijaukan Bumi Guna Ciptkan Lingkungan Yang Asri di petak 104 dan petak 102 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kebonagung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Merakurak, Minggu (21/11).

Administratur KPH Tuban Miswanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Perhutani bersama elemen masyarakat di kabupaten Tuban telah melaksanakan berbagai kegiatan penanaman bersama stakeholder dan masyarakat guna cinta lingkungan.

Dia berharap agar semua bisa berkolaborasi dengan baik dan tujuan yang sama untuk melestarikan kawasan hutan dan juga memberikan manfaat yang lebih kepada masyarakat sekitar.

Senada dengan Perhutani, Kepala Desa Waleran, Ramidi mengatakan bahwa dengan dilaksanakan kegiatan ini kedepannya pohon yang ditanam dapat memeberikan manfaat selain untuk masyarakat sekitar juga bermanfaat untuk satwa liar di hutan yang banyak hampir punah.

Sementara itu Ketua Panitia Aksi tersebut, Putri Idhamaningati mengucapkan terima kasih kepada Perhutani KPH Tuban yang telah memberikan bantuan bibit serta memfasilitasi dengan luar biasa sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Menurut dia kegiatan tersebut merupakan program kerja dari HI GREEN yang memiliki tujuan untuk pengabdian dan kontribusi terhadap daerah domisili salah satunya yaitu bidang lingkungan. Adapun bibit yang di tanam adalah bibit trembesi 2.500 plances, nangka 600 plances, advokad 300 plances, jambu merah 250 plances, bunga tebibuya 100 plances, sengon buto dan kepoh masing-masing 50 kilogram.

“Saya berharap program kerja kami HI GREEN ini dapat selalu kompak dan tetap solid dalam keaktifan untuk merespon permasalahan banjir di kabupaten Tuban yang salah satunya adalah melakukan upaya lebih memperkuat daerah serapan air yang dapat dibantu dengan perkuatan hutan yang ada di Tuban, sehingga dapat memberi manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Kegiatan penanaman dihadiri oleh Kepala Desa Jetak Zakky Mubarrok Aly, Kepala Desa Waleran Ramidi, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wono Lesatari Gunaryo, empat puluh (40) Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (HI GREEN) Universitas Brawijaya (UB) Malang, anggota Saka Wanabakti KPH Tuban, Pokmas Sangga Buana, Kepala Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban, Kepala BKPH Merakurak dan Kepala BKPH Jadi. (Kom-PHT/Tbn/Erz)

Editor : Ywn

Copyright©2021