"Loading..."

Perhutani Dampingi LMDH Binaan di Ponorogo Terima Bantuan KUR

LAWU DS, PERHUTANI (12/7/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds dampingi 51 orang anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mitra Karya Desa Gedangan, Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo menerima dana pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BNI Cabang Ponorogo sebesar Rp 800 juta, bertempat di kantor sekretariat LMDH Mitra Karya, Jumat (9/7).

Di tempat terpisah Administratur Perhutani KPH Lawu Ds, Loesy Triana menyampaikan jika pihaknya sangat berterima kasih kepada pimpinan BNI Cabang Ponorogo yang telah mengucurkan dana pinjaman lunak kepada sebagian LMDH binaannya di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Menurutnya pinjaman KUR BNI tersebut akan dimanfaatkan masyarakat untuk modal budidaya tanaman porang di lahan bawah tegakan. Ia berharap program ini dapat menggerakkan roda ekonomi untuk meningkatkan pendapatan guna kesejahteraan masyarakat setempat.

“Dengan budidaya porang tersebut, masyarakat akan sering berinteraksi di hutan sehingga mereka juga bisa meningkatkan produksi sadapan getah pinus karena budidaya porang ada di bawah tegakan pinus.  Maka dengan begitu hutan secara tidak langsung akan terjaga kemanannya,” ujar Loesy.

Sementara itu Ketua Perkumpulan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (PLMDH) Dsul Hijjah Fajar yang ikut menyaksikan pencairan pinjaman itu menyampaikan terimakasih kepada Perhutani yang ikut serta mendampingi pengesahan Naskah Kesepakatan Kerjasama (NKK) sehingga LMDH mendapat kucuran dana KUR BNI tersebut.

Fajar  mengingatkan kepada anggota LMDH penerima, bahwa bantuan KUR BNI ini adalah pinjaman dengan bunga lunak, sehingga ada kewajiban untuk mengembalikan pinjaman tersebut saat panen porang nanti.

“Semoga kedepan kesejahteraan anggota LMDH bisa lebih meningkat dan bisa melaksanakan kewajibannya seperti pengembalian pinjaman KUR dan pembayaran PNBP dari produksi hasil hutan bukan kayu,” kata Fajar.

Senada dengan Fajar, Ketua LMDH Mitra Karya Sujiono Ketua LMDH Mitra Karya menyatakan sangat berterima kasih dengan Perhutani dan BNI yang sangat memperhatikan masyarakat.

“Selain itu saya juga akan selalu menjaga kemitraan dengan semua pihak, khususnya Perhutani dan terus mendorong peningkatan produksi getah di wilayah Ngrayun,” ucapnya.  (Kom-PHT/Lwds/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2021