"Loading..."

Perhutani Gandeng Polres Tegal Gelar Binkorpolsus di Balapulang

BALAPULANG, PERHUTANI (15/09/2021) I Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Balapulang bersama Kepolisian Resort (Polres) Tegal melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Koordinasi Kepolisian Khusus (Binkorpolsus) bagi para personil Polisi Hutan (Polhut) gabungan dalam rangka peningkatan kesamaptaan serta pencegahan tindak pidana dalam kawasan hutan khususnya di wilayah kerja Balapulang, Selasa (14/09).

Administratur KPH Balapulang melalui Wakilnya Tri Utdiono, menyampaikan agar Polhut Perhutani selalu meningkatkan koordinasi dengan Kepolisian untuk meminimalisir gangguan apapun yang terjadi di kawasan hutan dan meningkatkan keterampilan untuk menanganinya. Ia pun menerangkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh jajaran Kepala Resort Pemangkuan Hutan (RPH), Mandor Polter dan Polhut Mobil.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Tegal Iptu Bambang Waluyo menyampaikan bahwa Polisi Khusus Kehutanan harus bisa memetakan kerawanan hutan terhadap gangguan keamanan hutan, baik berupa pencurian, perusakan, penggarapan liar, kebakaran hutan dan mitigasi bencana alam, yang selanjutnya untuk dikoordinasikan dengan jajaran Polsek setempat. Bambang menambahkan, Perhutani bersama Polres Tegal dan stakeholder terkait perlu bersinergi dalam penanganan bencana alam dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Pelatihan kesamaptaan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dalam kegiatan ini diberikan materi berupa penerapan hukum pada kasus pembalakan liar, peraturan baris berbaris dan beladiri Polri oleh Polres Tegal. (Kom-PHT/Blp/Was)

Editor : Ywn
Copyright©2021