"Loading..."

UNS Resmikan Masyarakat Peduli Api di KHDTK Gunung Bromo Karanganyar

OKEZONE.COM (18/09/2021) | Unit Pengelola Teknis Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan (UPT PPK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta me-launching dan meresmikan Masyarakat Peduli Api (MPA). MPA ini bernama Singo Serang yang dibentuk untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo UNS. Peluncuruan ini berlangsung pada Jumat (17/9/2021) di KHDTK Gunung Bromo, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan launching ini dihadiri oleh Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo, Kepala Kantor Cabang Dinas Kehutanan (CDK) wilayah X Surakarta, Wakil Kepala Perum Perhutani KPH Surakarta, Perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Lurah Gedong, Lurah Delingan, dan Kepala Desa Sewurejo.

Launching MPA ini ditandai dengan pembukaan tirai papan nama MPA Singo Serang KHDTK Gunung Bromo UNS oleh Prof. Kuncoro Diharjo.

Dalam sambutannya, Dwi Priyo Ariyanto, Ph.D. selaku Kepala UPT PPK UNS mengatakan bahwa terdapat beberapa hal yang harus dicermati dalam pengelolaan kawasan hutan.

“Salah satunya adalah petani hutan. Di sini ada tiga Kelompok Petani Hutan (KPH), yaitu Putri Serang, Bromo Lestari, dan Wonosewu,” terangnya.

Dwi Priyo menambahkan bahwa MPA ini sudah terbentuk sekitar 30 Juni 2021 lalu. Namun, baru diresmikan dan diluncurkan pada hari ini.

“MPA ini merupakan perwakilan dari masyarakat petani hutan dan relawan sekitar,” tambahnya.

Sementara itu, Prof. Kuncoro sangat mengapresiasi terbentuknya MPA ini.

“Ini menjadi sesuatu tersendiri karena 2019 pernah terjadi kebakaran. Yang bisa mengatasi pertama kali adalah MPA ini karena yang pertama memerlukan aksi cepat. Terima kasih atas kepeduliannya dalam melestarikan Hutan Gunung Bromo ini,” tutur Prof. Kuncoro.

Ia berharap nantinya akan dibuat posko Karhutla di KHDTK ini. Selain itu, melalui pelestarian hutan ini diharapkan dapat terus diwariskan ke generasi yang akan datang.

Kepala CDK X wilayah Surakarta, Misbachul Munir, M.Si. juga turut berbahagia dan bangga terhadap komitmen UNS dalam merawat hutan.

“Kami bangga karena UNS telah membentuk MPA ini yang bertujuan untuk mencegah kebakaran hutan sehingga hutan tetap lestari. Semoga jalinan kerja sama dengan berbagai pihak dapat terus berjalan. Hutan lestari, masyarakat sejahtera” kata Misbachul.

Setelah launching akan dilaksanakan koordinasi MPA Singo Serang dalam melaksanakan aktivitas seperti patroli Karhutla di KHDTK Gunung Bromo UNS. Pembinaan MPA ini juga menjadi salah satu poin penting dalam pengelolaan Kawasan Hutan di Indonesia.

MPA ini didasari dengan Keputusan Menteri LHK nomor P.32/MenLHK-II/Setjen/Kum.1/3/2016 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan serta Perdirjen PPI KLHK nomor P.3/PPI/SET/KUM.1/1/2018 tentang Pembentukan dan Pembinaan PPA. (qlh)

Sumber : okezone.com

Tanggal : 18 September 2021